Sumber Ajaran Islam: Antara Wahyu dan Akal
Salman Akif Faylasuf Jum'at, 11-11-2022 | - Dilihat: 113

Oleh: Salman Akif Faylasuf
Secara konseptual, wahyu dan akal budi merupakan dua entitas yang sebenarnya tidak perlu dipertentangkan secara diametral. Wahyu sebagai tuntunan ilahi diturunkan tak lain untuk membimbing entitas akal menuju jalan yang benar sesuai rambu-rambu Tuhan, Pencipta jagad raya.
Sebaliknya akal pikiran diciptakan Tuhan menjadi mi’yar (tolok ukur) dalam menentukan baik-buruk, suci-najis, dan mashlahah-mafsadah. Setidaknya pandangan seperti ini mengacu pada filsafat hukum Islam yang menandaskan bahwa wahyu tuhan turun tak lain untuk mendatangkan kemashlahatan dan menangkal terjadinya kerusakan (jalb al-mashalih wa dar al-mafasid).
Namun demikian, fakta sejarah pemikiran keagamaan menunjukkan kenyataan lain. Keberadaan wahyu dan akal budi manusia sering kali diperdebatkan bahkan dipertentangkan satu sama lain. Terdapat perdebatan cukup serius dalam kajian filsafat dan teologi Islam menyangkut komposisi ideal nalar dan wahyu dalam upaya pemunculan beragam ketentuan hukum.
Di antaranya terdapat perdebatan klasik antara Muktazilah dan Asya'irah dalam mengapresiasi intervensi akal manusia dalam proses terbentuknya ketentuan-ketentuan Tuhan untuk kebaikan umat manusia di muka bumi. Tak hanya Muktazilah vis a vis Asya’irah yang meramaikan bursa perdebatan, tetapi faksi lain seperti kalangan Maturidiyah, aliran salaf serta filsuf Muslim turut meramaikan wacana bagaimana mengidealkan komposisi nalar dan wahyu dalam menyikapi titah Tuhan terhadap hamba-Nya.
Alih-alih diperdebatkan, pertanyaannya adalah benarkah wahyu dan akal sumber ajaran Islam? Terminologi wahyu dan akal budi manusia tidak dapat dipisahkan satu sama lain dalam diskursus pembentukan panduan hukum sebagai pengejawantahan ajaran Islam. Begitu kuatnya interelasi keduanya sampai-sampai sumber hukum dalam Islam dapat disimplifikasi menjadi hanya dua, yaitu naqli dan aqli.
Sumber pertama tak lain merupakan wahyu Tuhan dalam bentuk lembaran teks al-Qur’an dan Hadis. Sedangkan sumber kedua adalah perangkat nalar manusia dalam memahami keterkaitan teks wahyu dengan realitas kehidupan yang terus bergerak dinamis. Dalam tradisi pemikiran yurisprudensi Islam, sumber aqli ini dirumuskan menjadi sumber-sumber istidhal seperti Qiyas (analogi), Istihsan (penganggapan baik), Mashlahah Mursalah (kemaslahatan yang didiamkan oleh wahyu), Urf (adat kebiasaan), dan lain-lain.
Ushul fiqh sebagai metode istinbath (penggalian) hukum-hukum juga merupakan perpaduan antara wahyu dan logika formal. Rumus-rumus dan metodologi ilmiah yang dibangun berdasarkan logika dalam ilmu ushul fiqh juga mengacu pada esensi ajaran wahyu secara universal.
Pada masa-masa awal Islam misalnya, filsafat Yunani pernah mendominasi kajian tentang logika. Akan tetapi para yuris serta kaum teolog-skolastik Islam saat itu tidak mengadopsi begitu saja logika helenistik yang tengah berkembang di masyarakat. Sebaliknya, mereka melakukan adaptasi dan perubahan terhadap logika Yunani menjadi sebuah logika baru yang mencakup seluruh esensi.
Kita tahu, al-Ghazali memasukkan unsur logika dalam mukadimah masterpiece-nya, Al-Mustashfa min Ilm al-Ushul. Awal kata pendahuluan dalam kitab ini, al-Ghazali menyimplifikasi persoalan logika ke dalam dua sub pembahasan, yaitu al-hadd (batasan) dan al-burhan (pembuktian).
Lebih dari itu, ia juga mempunyai karya monografi bertajuk Mi’yar al-Ilm dan Mahk an-Nadhar yang memuat pembahasaan tentang logika secara lebih luas dan komprehensif Namun, pada akhirnya, al-Ghazali meninggalkan logika karena ia menilai tidak akan mampu mengantarkan umat manusia pada nilai-nilai keimanan.
Paparan Al-Ghazali tentang logika tersebut menyiratkan adanya keterkaitan cukup kuat antara logika dan ushul fiqh. Bahkan dalam kata pengantarnya, Al-Ghazali secara eksplisit menunjukkan adanya keterkaitan tersebut. Ia membagi ilmu pengetahuan menjadi tiga bagian. Pertama aqli mahdh (nalar murni), yaitu ilmu pengetahuan yang semata-mata dilandaskan pada akal manusia tang adanya pijakan wahyu. Seperti ilmu matematika, ilmu teknik, ilmu astronomi, dan lain-lain.
Kedua, naqli mahdh (wahyu muni), yakni ilmu pengetahuan yang bertumpu pada teks-teks wahyu tanpa ada intervensi nalar. Seperti ilmu tafsir, ilmu hadis. dan lain-lain. Ketiga, izdiwaji (gabungan nalar dan wahyu), yaitu ilmu pengetahuan yang dasar pijakannya adalah wahyu dan nalar secara berimbang. Ilmu fikih dan ushul fiqh menurut Al-Ghazali termasuk dalam kategori ketiga ini, dan ia menggolongkannya dalam level ilmu paling tinggi.
Lalu bagaimana sebenarnya relasi wahyu dan akal?
Wahyu dan akal budi merupakan dua sumber ajaran yang saling berinterelasi dalam proses pembentukan hukum. Bedanya, jika wahyu bersifat transendental dan absolut maka, akal budi manusia merupakan anugerah Tuhan yang diperintahkan untuk menyusun kriteria bagaimana mengevaluasi suatu argumen yang benar. Logika mempunyai tugas mempelajari metode dan prinsip yang sesuai dengan konteks hukum yang kompatibel dengan nilai-nilai kemaslahatan dan keadilan.
Betapa pun wahyu bersifat universal dan mutlak, namun wahyu tidak dapat membumi tanpa keterlibatan nalar manusia. Untuk mengaitkan dan menghubungkan kandungan teks wahyu dengan konteks kemaslahatan yang mesti diapresiasi dalam setiap aktivitas penggalian hukum sangat diperlukan perangkat nalar dan logika.
Dengan demikian, wahyu dan akal budi semakin tidak dapat dihindarkan lantaran teks wahyu itu sendiri banyak mengungkapkan persoalan hukum secara makro atau kulli. Dalam praktiknya, jenis teks seperti ini sangat membutuhkan intervensi nalar ijtihad untuk memunculkan aneka ketentuan hukum sebagai panduan hidup masyarakat.
Pada Prinsipnya, hukum lahir bukan dalam ruang yang kosong, melainkan tumbuh dan berkembang untuk menebar kemaslahatan dan keadilan di tengah kehidupan masyarakat. Untuk merealisasikan tujuan luhur ini, sambungan wahyu dan nalar dibutuhkan sepanjang sejarah kemanusiaan untuk memperbarui setiap ketentuan hukum sesuai konteks perubahan.
Nalar berpikir merupakan ciri khas manusia yang dapat membedakan dirinya dari makhluk lain. Dalam sejarah pemikiran agama, nalar manusia sering dipertentangkan vis a vis wahyu Tuhan. Padahal, wahyu Tuhan sendiri melalui beberapa firman dalam kitab suci telah banyak mendelegasikan nalar manusia dalam menyikapi beragam persoalan yang bersifat profan (keduniaan).
Penaklukan nalar manusia di bawah otoritas wahyu pernah mencapai klimaksnya pada abad pertengahan. Dalam sejarah pemikiran hukum Islam, pernah terjadi era taklid buta di mana penggunaan nalar ijtihad diharamkan. Kondisi seperti ini dibarengi dengan tumbuh suburnya asketisisme yang cenderung mengabaikan dimensi alam nyata, serta mengedepankan realitas alam metafisika. Akibatnya, peran agama menjadi terisolasi dari belantika kehidupan sosial sehari-hari.
Dalam tradisi pemikiran Kristen, kondisi seperti itu juga pernah terjadi yang kemudian menyemangati lahirnya renaisans, yakni pencerahan kembali Eropa pada abad ke-14 M. Pada saat itu posisi akal telah terbukti ditaklukkan oleh otoritas agamawan kaum gereja. Akibatnya, agama menjadi terisolasi dari pranata hidup sehari-hari. Agama saat itu direduksi hanya berurusan dengan ritual keagamaan. Selebihnya, dalam persoalan kemasyarakatan, agama dianggapnya tidak memiliki domain mengaksesnya karena ranah tersebut tidak memiliki keterkaitan dengan agama.
Sebaliknya, di era teknologi informasi dan komunikasi ini, posisi nalar teramat sentral dan istimewa melampaui pembenaran atau bahkan pemutlakan nilai-nilai agama. Revolusi industri telah mengubah posisi agama sejajar dengan fenomena sosial biasa. Akibatnya, diakui atau tidak, tampilan modernitas dalam batas-batas tertentu dapat mendistorsi persoalan etika dan moralitas yang sangat dijunjung oleh ajaran agama.
Karena itu, era pascamodern saat ini tidak sedikit kalangan yang menyebutnya era kebangkitan agama dengan performa yang lebih rasional. Otoritas wahyu mesti dikawinkan dengan penafsiran nalar dalam rangka aktualisasi diri menyikapi persoalan-persoalan hukum yang terus mengemuka. Itu sebabnya, pertautan antara teks wahyu dengan nalar manusia menjadi sangat menarik dimaknai secara teologis untuk memunculkan diktum-diktum hukum yang sangat dibutuhkan masyarakat sebagai garis panduan.
Prinsipnya, hukum bukan lahir untuk dirinya sendiri, melainkan bekerja untuk kemaslahatan masyarakat. Untuk memunculkan kemaslahatan dalam pengertiannya yang substantif perlu artikulasi wahyu dan akal dalam merumuskan ketentuan hukum yang dibutuhkan oleh realitas masyarakat yang terus berkembang. Segala ketentuan hukum sesungguhnya dilandaskan pada dalil-dalil wahyu yang sangat transendental.
Namun, wahyu verbal pada umumnya, mengungkapkan persoalan secara makro dan garis besar. Lantaran itu, keterlibatan nalar ijtihad atau istinbath dalam merumuskan aneka ketentuan hukum tidak dapat dihindarkan. Wahyu yang mengatur persoalan secara makro dalam terminologi yurisprudensi Islam disebut dalil kull atau ijmali. Sementara teks wahyu yang mengungkap persoalan secara mendetail disebut dalil juz’i atau tafshili.
Dalil kulli-ijmali, dengan demikian, merupakan dalil global yang tidak menunjukkan ketentuan-ketentuan hukum tertentu secara tersurat. Sebaliknya secara tersirat berupa indikator-indikator menunjukkan pada beberapa segmen hukum yang terus relevan dengan perkembangan masyarakat. Seperti teks wahyu yang memuat larangan melakukan perusakan. Teks seperti ini tidak mengarah pada ketentuan hukum pada peristiwa tertentu, melainkan mencakup beragam peristiwa hukum yang di dalamaya mengandung perusakan.
Oleh Karena itu, tidak terkirakan jumlahnya peristiwa yang ketentuan hukumnya dilandaskan pada teks wahyu seperti ini. Sebagai misal, keharaman mengonsumsi narkoba serta perbuatan-perbuatan lain yang dapat merusak diri sendiri maupun orang lain. Sedangkan dalil juz’i-tafshili adalah sebaliknya, yaitu dalil-dalil terperinci berupa teks wahyu yang menunjukkan hukum-hukum tertentu secara tersurat. Misalnya adalah teks wahyu yang dengan lugas menunjukkan hukum wajib melakukan shalat fardu, puasa di bulan Ramadan, haram berbuat zina, mencuri, membunuh, dan lainnya. Wallahu a’lam bisshawab.
_____
* Penulis merupakan alumni Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo. Sekarang Nyantri di Ponpes Nurul Jadid, dan Kader PMII Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
- Artikel Terpuler -
Sumber Ajaran Islam: Antara Wahyu dan Akal
Salman Akif Faylasuf Jum'at, 11-11-2022 | - Dilihat: 113

Oleh: Salman Akif Faylasuf
Secara konseptual, wahyu dan akal budi merupakan dua entitas yang sebenarnya tidak perlu dipertentangkan secara diametral. Wahyu sebagai tuntunan ilahi diturunkan tak lain untuk membimbing entitas akal menuju jalan yang benar sesuai rambu-rambu Tuhan, Pencipta jagad raya.
Sebaliknya akal pikiran diciptakan Tuhan menjadi mi’yar (tolok ukur) dalam menentukan baik-buruk, suci-najis, dan mashlahah-mafsadah. Setidaknya pandangan seperti ini mengacu pada filsafat hukum Islam yang menandaskan bahwa wahyu tuhan turun tak lain untuk mendatangkan kemashlahatan dan menangkal terjadinya kerusakan (jalb al-mashalih wa dar al-mafasid).
Namun demikian, fakta sejarah pemikiran keagamaan menunjukkan kenyataan lain. Keberadaan wahyu dan akal budi manusia sering kali diperdebatkan bahkan dipertentangkan satu sama lain. Terdapat perdebatan cukup serius dalam kajian filsafat dan teologi Islam menyangkut komposisi ideal nalar dan wahyu dalam upaya pemunculan beragam ketentuan hukum.
Di antaranya terdapat perdebatan klasik antara Muktazilah dan Asya'irah dalam mengapresiasi intervensi akal manusia dalam proses terbentuknya ketentuan-ketentuan Tuhan untuk kebaikan umat manusia di muka bumi. Tak hanya Muktazilah vis a vis Asya’irah yang meramaikan bursa perdebatan, tetapi faksi lain seperti kalangan Maturidiyah, aliran salaf serta filsuf Muslim turut meramaikan wacana bagaimana mengidealkan komposisi nalar dan wahyu dalam menyikapi titah Tuhan terhadap hamba-Nya.
Alih-alih diperdebatkan, pertanyaannya adalah benarkah wahyu dan akal sumber ajaran Islam? Terminologi wahyu dan akal budi manusia tidak dapat dipisahkan satu sama lain dalam diskursus pembentukan panduan hukum sebagai pengejawantahan ajaran Islam. Begitu kuatnya interelasi keduanya sampai-sampai sumber hukum dalam Islam dapat disimplifikasi menjadi hanya dua, yaitu naqli dan aqli.
Sumber pertama tak lain merupakan wahyu Tuhan dalam bentuk lembaran teks al-Qur’an dan Hadis. Sedangkan sumber kedua adalah perangkat nalar manusia dalam memahami keterkaitan teks wahyu dengan realitas kehidupan yang terus bergerak dinamis. Dalam tradisi pemikiran yurisprudensi Islam, sumber aqli ini dirumuskan menjadi sumber-sumber istidhal seperti Qiyas (analogi), Istihsan (penganggapan baik), Mashlahah Mursalah (kemaslahatan yang didiamkan oleh wahyu), Urf (adat kebiasaan), dan lain-lain.
Ushul fiqh sebagai metode istinbath (penggalian) hukum-hukum juga merupakan perpaduan antara wahyu dan logika formal. Rumus-rumus dan metodologi ilmiah yang dibangun berdasarkan logika dalam ilmu ushul fiqh juga mengacu pada esensi ajaran wahyu secara universal.
Pada masa-masa awal Islam misalnya, filsafat Yunani pernah mendominasi kajian tentang logika. Akan tetapi para yuris serta kaum teolog-skolastik Islam saat itu tidak mengadopsi begitu saja logika helenistik yang tengah berkembang di masyarakat. Sebaliknya, mereka melakukan adaptasi dan perubahan terhadap logika Yunani menjadi sebuah logika baru yang mencakup seluruh esensi.
Kita tahu, al-Ghazali memasukkan unsur logika dalam mukadimah masterpiece-nya, Al-Mustashfa min Ilm al-Ushul. Awal kata pendahuluan dalam kitab ini, al-Ghazali menyimplifikasi persoalan logika ke dalam dua sub pembahasan, yaitu al-hadd (batasan) dan al-burhan (pembuktian).
Lebih dari itu, ia juga mempunyai karya monografi bertajuk Mi’yar al-Ilm dan Mahk an-Nadhar yang memuat pembahasaan tentang logika secara lebih luas dan komprehensif Namun, pada akhirnya, al-Ghazali meninggalkan logika karena ia menilai tidak akan mampu mengantarkan umat manusia pada nilai-nilai keimanan.
Paparan Al-Ghazali tentang logika tersebut menyiratkan adanya keterkaitan cukup kuat antara logika dan ushul fiqh. Bahkan dalam kata pengantarnya, Al-Ghazali secara eksplisit menunjukkan adanya keterkaitan tersebut. Ia membagi ilmu pengetahuan menjadi tiga bagian. Pertama aqli mahdh (nalar murni), yaitu ilmu pengetahuan yang semata-mata dilandaskan pada akal manusia tang adanya pijakan wahyu. Seperti ilmu matematika, ilmu teknik, ilmu astronomi, dan lain-lain.
Kedua, naqli mahdh (wahyu muni), yakni ilmu pengetahuan yang bertumpu pada teks-teks wahyu tanpa ada intervensi nalar. Seperti ilmu tafsir, ilmu hadis. dan lain-lain. Ketiga, izdiwaji (gabungan nalar dan wahyu), yaitu ilmu pengetahuan yang dasar pijakannya adalah wahyu dan nalar secara berimbang. Ilmu fikih dan ushul fiqh menurut Al-Ghazali termasuk dalam kategori ketiga ini, dan ia menggolongkannya dalam level ilmu paling tinggi.
Lalu bagaimana sebenarnya relasi wahyu dan akal?
Wahyu dan akal budi merupakan dua sumber ajaran yang saling berinterelasi dalam proses pembentukan hukum. Bedanya, jika wahyu bersifat transendental dan absolut maka, akal budi manusia merupakan anugerah Tuhan yang diperintahkan untuk menyusun kriteria bagaimana mengevaluasi suatu argumen yang benar. Logika mempunyai tugas mempelajari metode dan prinsip yang sesuai dengan konteks hukum yang kompatibel dengan nilai-nilai kemaslahatan dan keadilan.
Betapa pun wahyu bersifat universal dan mutlak, namun wahyu tidak dapat membumi tanpa keterlibatan nalar manusia. Untuk mengaitkan dan menghubungkan kandungan teks wahyu dengan konteks kemaslahatan yang mesti diapresiasi dalam setiap aktivitas penggalian hukum sangat diperlukan perangkat nalar dan logika.
Dengan demikian, wahyu dan akal budi semakin tidak dapat dihindarkan lantaran teks wahyu itu sendiri banyak mengungkapkan persoalan hukum secara makro atau kulli. Dalam praktiknya, jenis teks seperti ini sangat membutuhkan intervensi nalar ijtihad untuk memunculkan aneka ketentuan hukum sebagai panduan hidup masyarakat.
Pada Prinsipnya, hukum lahir bukan dalam ruang yang kosong, melainkan tumbuh dan berkembang untuk menebar kemaslahatan dan keadilan di tengah kehidupan masyarakat. Untuk merealisasikan tujuan luhur ini, sambungan wahyu dan nalar dibutuhkan sepanjang sejarah kemanusiaan untuk memperbarui setiap ketentuan hukum sesuai konteks perubahan.
Nalar berpikir merupakan ciri khas manusia yang dapat membedakan dirinya dari makhluk lain. Dalam sejarah pemikiran agama, nalar manusia sering dipertentangkan vis a vis wahyu Tuhan. Padahal, wahyu Tuhan sendiri melalui beberapa firman dalam kitab suci telah banyak mendelegasikan nalar manusia dalam menyikapi beragam persoalan yang bersifat profan (keduniaan).
Penaklukan nalar manusia di bawah otoritas wahyu pernah mencapai klimaksnya pada abad pertengahan. Dalam sejarah pemikiran hukum Islam, pernah terjadi era taklid buta di mana penggunaan nalar ijtihad diharamkan. Kondisi seperti ini dibarengi dengan tumbuh suburnya asketisisme yang cenderung mengabaikan dimensi alam nyata, serta mengedepankan realitas alam metafisika. Akibatnya, peran agama menjadi terisolasi dari belantika kehidupan sosial sehari-hari.
Dalam tradisi pemikiran Kristen, kondisi seperti itu juga pernah terjadi yang kemudian menyemangati lahirnya renaisans, yakni pencerahan kembali Eropa pada abad ke-14 M. Pada saat itu posisi akal telah terbukti ditaklukkan oleh otoritas agamawan kaum gereja. Akibatnya, agama menjadi terisolasi dari pranata hidup sehari-hari. Agama saat itu direduksi hanya berurusan dengan ritual keagamaan. Selebihnya, dalam persoalan kemasyarakatan, agama dianggapnya tidak memiliki domain mengaksesnya karena ranah tersebut tidak memiliki keterkaitan dengan agama.
Sebaliknya, di era teknologi informasi dan komunikasi ini, posisi nalar teramat sentral dan istimewa melampaui pembenaran atau bahkan pemutlakan nilai-nilai agama. Revolusi industri telah mengubah posisi agama sejajar dengan fenomena sosial biasa. Akibatnya, diakui atau tidak, tampilan modernitas dalam batas-batas tertentu dapat mendistorsi persoalan etika dan moralitas yang sangat dijunjung oleh ajaran agama.
Karena itu, era pascamodern saat ini tidak sedikit kalangan yang menyebutnya era kebangkitan agama dengan performa yang lebih rasional. Otoritas wahyu mesti dikawinkan dengan penafsiran nalar dalam rangka aktualisasi diri menyikapi persoalan-persoalan hukum yang terus mengemuka. Itu sebabnya, pertautan antara teks wahyu dengan nalar manusia menjadi sangat menarik dimaknai secara teologis untuk memunculkan diktum-diktum hukum yang sangat dibutuhkan masyarakat sebagai garis panduan.
Prinsipnya, hukum bukan lahir untuk dirinya sendiri, melainkan bekerja untuk kemaslahatan masyarakat. Untuk memunculkan kemaslahatan dalam pengertiannya yang substantif perlu artikulasi wahyu dan akal dalam merumuskan ketentuan hukum yang dibutuhkan oleh realitas masyarakat yang terus berkembang. Segala ketentuan hukum sesungguhnya dilandaskan pada dalil-dalil wahyu yang sangat transendental.
Namun, wahyu verbal pada umumnya, mengungkapkan persoalan secara makro dan garis besar. Lantaran itu, keterlibatan nalar ijtihad atau istinbath dalam merumuskan aneka ketentuan hukum tidak dapat dihindarkan. Wahyu yang mengatur persoalan secara makro dalam terminologi yurisprudensi Islam disebut dalil kull atau ijmali. Sementara teks wahyu yang mengungkap persoalan secara mendetail disebut dalil juz’i atau tafshili.
Dalil kulli-ijmali, dengan demikian, merupakan dalil global yang tidak menunjukkan ketentuan-ketentuan hukum tertentu secara tersurat. Sebaliknya secara tersirat berupa indikator-indikator menunjukkan pada beberapa segmen hukum yang terus relevan dengan perkembangan masyarakat. Seperti teks wahyu yang memuat larangan melakukan perusakan. Teks seperti ini tidak mengarah pada ketentuan hukum pada peristiwa tertentu, melainkan mencakup beragam peristiwa hukum yang di dalamaya mengandung perusakan.
Oleh Karena itu, tidak terkirakan jumlahnya peristiwa yang ketentuan hukumnya dilandaskan pada teks wahyu seperti ini. Sebagai misal, keharaman mengonsumsi narkoba serta perbuatan-perbuatan lain yang dapat merusak diri sendiri maupun orang lain. Sedangkan dalil juz’i-tafshili adalah sebaliknya, yaitu dalil-dalil terperinci berupa teks wahyu yang menunjukkan hukum-hukum tertentu secara tersurat. Misalnya adalah teks wahyu yang dengan lugas menunjukkan hukum wajib melakukan shalat fardu, puasa di bulan Ramadan, haram berbuat zina, mencuri, membunuh, dan lainnya. Wallahu a’lam bisshawab.
_____
* Penulis merupakan alumni Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo. Sekarang Nyantri di Ponpes Nurul Jadid, dan Kader PMII Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
62 Komentar

2024-11-29 09:07:55
Zublbk
гѓ—гѓ¬гѓ‰гѓ‹гѓігЃ®йЈІгЃїж–№гЃЁеЉ№жћњ - гѓ‰г‚シサイクリン гЃЇйЂљиІ©гЃ§гЃ®иіј イソトレチノイン通販おすすめ

2024-12-01 05:55:49
Awezrn
eriacta mend - forzest partner forzest beat

2024-12-06 16:28:22
Tzuvzw
purchase indinavir without prescription - cheap fincar generic purchase diclofenac gel sale

2024-12-10 03:35:43
Dravdf
valif pills gap - valif wax sinemet cheap

2024-12-12 18:01:27
Prmveg
cheap provigil - epivir for sale online combivir order

2024-12-17 19:28:46
Stcztr
ivermectin order - order tegretol generic buy carbamazepine 200mg sale

2024-12-19 03:30:09
Zqcauj
promethazine price - buy lincocin 500 mg for sale buy lincomycin 500 mg pill

2025-01-13 01:16:12
Plkoto
buy accutane 20mg generic - linezolid price order zyvox 600 mg

2025-01-13 13:51:17
Ekhgyx
buy cheap generic amoxil - cheap diovan buy ipratropium 100 mcg pills

2025-01-26 06:29:27
Ydpilx
order generic zithromax 250mg - purchase tindamax for sale nebivolol us

2025-01-29 06:47:01
Wqhzch
buy prednisolone 20mg - azipro where to buy progesterone pills

2025-02-07 19:55:39
Hkuhln
buy furosemide pills diuretic - buy furosemide 100mg generic order betnovate 20 gm without prescription

2025-02-12 14:56:55
Lovylg
doxycycline online - buy generic doxycycline over the counter glipizide 5mg usa

2025-02-13 17:49:37
Etdnpp
cost augmentin - order augmentin generic cost duloxetine

2025-02-20 21:34:56
Cgamgz
augmentin price - generic duloxetine duloxetine 40mg uk

2025-02-22 20:47:30
Kgdnud
buy semaglutide cheap - buy cyproheptadine paypal order cyproheptadine 4 mg generic

2025-02-26 14:18:38
Dcemxn
buy zanaflex tablets - order tizanidine microzide 25 mg brand

2025-03-02 01:43:48
Zyfinw
order sildenafil 50mg - order viagra 50mg without prescription usa cialis sales

2025-03-02 13:52:56
Ekufto
cialis 5mg oral - oral tadalafil 40mg sildenafil us

2025-03-10 00:52:14
Cmjyqf
cenforce 100mg drug - order glycomet pills cost glycomet 500mg

2025-03-12 19:41:37
Jirbkd
lipitor 40mg canada - atorvastatin 20mg over the counter buy lisinopril 2.5mg online

2025-03-19 17:58:26
Tmlbzc
order prilosec pills - buy prilosec 10mg buy tenormin 50mg pills

2025-03-25 13:47:35
Lhsxkn
buy depo-medrol pill - pregabalin order online aristocort usa

2025-03-26 19:23:44
Phhelt
order clarinex 5mg generic - cost clarinex 5mg buy priligy 90mg without prescription

2025-03-29 16:04:06
Dlcmkz
order cytotec 200mcg for sale - buy diltiazem 180mg for sale buy diltiazem paypal

2025-04-04 12:04:50
Plxgvv
purchase zovirax without prescription - order generic allopurinol 100mg crestor oral

2025-04-06 08:53:14
Zriwzv
motilium cheap - tetracycline 500mg cheap cost flexeril

2025-04-14 02:12:11
Qfeswc
order domperidone 10mg pill - order cyclobenzaprine sale order flexeril generic

2025-04-14 19:44:36
Odguuc
inderal 10mg ca - buy clopidogrel 150mg for sale order methotrexate 10mg pills

2025-04-18 16:27:48
Nvqflr
coumadin medication - coumadin 5mg pills losartan 25mg cheap

2025-04-21 21:35:03
Rkiogq
buy esomeprazole tablets - order topamax 200mg pill sumatriptan 50mg pill

2025-04-22 09:57:15
Ezatin
order levofloxacin 500mg pill - generic avodart ranitidine pill

2025-04-28 15:02:09
Nplyld
buy meloxicam 15mg pills - celebrex over the counter order tamsulosin 0.2mg pills

2025-05-15 13:49:18
Vetuxx
cheap ondansetron 4mg - simvastatin 10mg pills generic zocor 10mg

2025-05-15 21:31:20
Rsmwzo
order valtrex 500mg for sale - proscar canada buy fluconazole cheap

2025-05-30 19:26:24
wk9fd
buy modafinil 100mg for sale provigil 100mg generic buy provigil pills order modafinil 100mg pills provigil 100mg cheap buy modafinil pills provigil canada

2025-06-04 00:08:20
ugw0f
clomid price in usa where to buy cheap clomid no prescription says: generic clomiphene c10m1d how to buy cheap clomiphene tablets how to buy generic clomid price can you get generic clomiphene prices can i buy generic clomid price

2025-06-04 20:10:45
BrianKen
В этой статье-обзоре мы соберем актуальную информацию и интересные факты, которые освещают важные темы. Читатели смогут ознакомиться с различными мнениями и подходами, что позволит им расширить кругозор и глубже понять обсуждаемые вопросы. Разобраться лучше - https://nakroklinikatest.ru/

2025-06-09 17:41:18
buy cialis levitra
More content pieces like this would insinuate the интернет better.

2025-06-10 02:13:18
cialis pills for sale uk
More articles like this would make the blogosphere richer.

2025-06-11 11:56:17
clostridium flagyl
More posts like this would prosper the blogosphere more useful.

2025-06-11 20:31:56
what is flagyl for dogs used for
More posts like this would add up to the online space more useful.

2025-06-13 07:41:04
v037q
buy azithromycin 250mg for sale - tinidazole cheap buy generic flagyl 400mg

2025-06-13 13:43:10
m21am
buy generic zithromax online - buy ciprofloxacin 500mg sale flagyl 400mg cost

2025-06-14 19:40:02
0azg0
buy rybelsus cheap - order semaglutide 14mg online cheap periactin pills

2025-06-15 01:48:41
iwbp4
buy semaglutide 14mg for sale - buy rybelsus no prescription buy periactin generic

2025-06-16 19:02:15
89gz3
buy domperidone pills - domperidone 10mg uk buy flexeril pills

2025-06-17 00:54:47
unmi1
order domperidone generic - sumycin 250mg price order flexeril generic

2025-06-18 21:26:28
wy6xx
inderal uk - order clopidogrel 150mg buy methotrexate generic

2025-06-19 07:51:19
gs5c6
how to buy propranolol - oral methotrexate methotrexate price

2025-06-21 18:54:07
huuva
how to buy amoxicillin - order generic amoxicillin purchase combivent sale

2025-06-22 04:36:41
mn759
amoxicillin price - combivent 100mcg usa ipratropium 100 mcg without prescription

2025-06-23 21:54:23
qujxr
zithromax where to buy - buy azithromycin 250mg without prescription buy nebivolol online

2025-06-24 07:35:15
uabsp
order zithromax 250mg without prescription - bystolic tablet order bystolic 20mg pills

2025-06-25 19:39:25
49kr4
oral augmentin 625mg - https://atbioinfo.com/ cheap acillin

2025-06-26 03:23:10
lehu8
order augmentin 1000mg - https://atbioinfo.com/ order ampicillin sale

2025-06-27 12:24:12
31vk1
nexium order online - anexamate.com order esomeprazole 20mg generic

2025-06-27 19:21:30
0b1m9
order nexium generic - https://anexamate.com/ buy nexium 40mg generic

2025-06-28 21:57:41
97biw
cheap warfarin 5mg - blood thinner buy generic hyzaar for sale

2025-06-29 04:49:18
otr4y
oral coumadin 5mg - https://coumamide.com/ generic losartan 25mg

2025-06-30 19:28:50
bhlmj
mobic over the counter - https://moboxsin.com/ mobic canada

2025-07-01 02:32:57
hwzhf
order mobic generic - swelling order meloxicam 7.5mg for sale
62 Komentar
2024-11-29 09:07:55
Zublbk
гѓ—гѓ¬гѓ‰гѓ‹гѓігЃ®йЈІгЃїж–№гЃЁеЉ№жћњ - гѓ‰г‚シサイクリン гЃЇйЂљиІ©гЃ§гЃ®иіј イソトレチノイン通販おすすめ
2024-12-01 05:55:49
Awezrn
eriacta mend - forzest partner forzest beat
2024-12-06 16:28:22
Tzuvzw
purchase indinavir without prescription - cheap fincar generic purchase diclofenac gel sale
2024-12-10 03:35:43
Dravdf
valif pills gap - valif wax sinemet cheap
2024-12-12 18:01:27
Prmveg
cheap provigil - epivir for sale online combivir order
2024-12-17 19:28:46
Stcztr
ivermectin order - order tegretol generic buy carbamazepine 200mg sale
2024-12-19 03:30:09
Zqcauj
promethazine price - buy lincocin 500 mg for sale buy lincomycin 500 mg pill
2025-01-13 01:16:12
Plkoto
buy accutane 20mg generic - linezolid price order zyvox 600 mg
2025-01-13 13:51:17
Ekhgyx
buy cheap generic amoxil - cheap diovan buy ipratropium 100 mcg pills
2025-01-26 06:29:27
Ydpilx
order generic zithromax 250mg - purchase tindamax for sale nebivolol us
2025-01-29 06:47:01
Wqhzch
buy prednisolone 20mg - azipro where to buy progesterone pills
2025-02-07 19:55:39
Hkuhln
buy furosemide pills diuretic - buy furosemide 100mg generic order betnovate 20 gm without prescription
2025-02-12 14:56:55
Lovylg
doxycycline online - buy generic doxycycline over the counter glipizide 5mg usa
2025-02-13 17:49:37
Etdnpp
cost augmentin - order augmentin generic cost duloxetine
2025-02-20 21:34:56
Cgamgz
augmentin price - generic duloxetine duloxetine 40mg uk
2025-02-22 20:47:30
Kgdnud
buy semaglutide cheap - buy cyproheptadine paypal order cyproheptadine 4 mg generic
2025-02-26 14:18:38
Dcemxn
buy zanaflex tablets - order tizanidine microzide 25 mg brand
2025-03-02 01:43:48
Zyfinw
order sildenafil 50mg - order viagra 50mg without prescription usa cialis sales
2025-03-02 13:52:56
Ekufto
cialis 5mg oral - oral tadalafil 40mg sildenafil us
2025-03-10 00:52:14
Cmjyqf
cenforce 100mg drug - order glycomet pills cost glycomet 500mg
2025-03-12 19:41:37
Jirbkd
lipitor 40mg canada - atorvastatin 20mg over the counter buy lisinopril 2.5mg online
2025-03-19 17:58:26
Tmlbzc
order prilosec pills - buy prilosec 10mg buy tenormin 50mg pills
2025-03-25 13:47:35
Lhsxkn
buy depo-medrol pill - pregabalin order online aristocort usa
2025-03-26 19:23:44
Phhelt
order clarinex 5mg generic - cost clarinex 5mg buy priligy 90mg without prescription
2025-03-29 16:04:06
Dlcmkz
order cytotec 200mcg for sale - buy diltiazem 180mg for sale buy diltiazem paypal
2025-04-04 12:04:50
Plxgvv
purchase zovirax without prescription - order generic allopurinol 100mg crestor oral
2025-04-06 08:53:14
Zriwzv
motilium cheap - tetracycline 500mg cheap cost flexeril
2025-04-14 02:12:11
Qfeswc
order domperidone 10mg pill - order cyclobenzaprine sale order flexeril generic
2025-04-14 19:44:36
Odguuc
inderal 10mg ca - buy clopidogrel 150mg for sale order methotrexate 10mg pills
2025-04-18 16:27:48
Nvqflr
coumadin medication - coumadin 5mg pills losartan 25mg cheap
2025-04-21 21:35:03
Rkiogq
buy esomeprazole tablets - order topamax 200mg pill sumatriptan 50mg pill
2025-04-22 09:57:15
Ezatin
order levofloxacin 500mg pill - generic avodart ranitidine pill
2025-04-28 15:02:09
Nplyld
buy meloxicam 15mg pills - celebrex over the counter order tamsulosin 0.2mg pills
2025-05-15 13:49:18
Vetuxx
cheap ondansetron 4mg - simvastatin 10mg pills generic zocor 10mg
2025-05-15 21:31:20
Rsmwzo
order valtrex 500mg for sale - proscar canada buy fluconazole cheap
2025-05-30 19:26:24
wk9fd
buy modafinil 100mg for sale provigil 100mg generic buy provigil pills order modafinil 100mg pills provigil 100mg cheap buy modafinil pills provigil canada
2025-06-04 00:08:20
ugw0f
clomid price in usa where to buy cheap clomid no prescription says: generic clomiphene c10m1d how to buy cheap clomiphene tablets how to buy generic clomid price can you get generic clomiphene prices can i buy generic clomid price
2025-06-04 20:10:45
BrianKen
В этой статье-обзоре мы соберем актуальную информацию и интересные факты, которые освещают важные темы. Читатели смогут ознакомиться с различными мнениями и подходами, что позволит им расширить кругозор и глубже понять обсуждаемые вопросы. Разобраться лучше - https://nakroklinikatest.ru/
2025-06-09 17:41:18
buy cialis levitra
More content pieces like this would insinuate the интернет better.
2025-06-10 02:13:18
cialis pills for sale uk
More articles like this would make the blogosphere richer.
2025-06-11 11:56:17
clostridium flagyl
More posts like this would prosper the blogosphere more useful.
2025-06-11 20:31:56
what is flagyl for dogs used for
More posts like this would add up to the online space more useful.
2025-06-13 07:41:04
v037q
buy azithromycin 250mg for sale - tinidazole cheap buy generic flagyl 400mg
2025-06-13 13:43:10
m21am
buy generic zithromax online - buy ciprofloxacin 500mg sale flagyl 400mg cost
2025-06-14 19:40:02
0azg0
buy rybelsus cheap - order semaglutide 14mg online cheap periactin pills
2025-06-15 01:48:41
iwbp4
buy semaglutide 14mg for sale - buy rybelsus no prescription buy periactin generic
2025-06-16 19:02:15
89gz3
buy domperidone pills - domperidone 10mg uk buy flexeril pills
2025-06-17 00:54:47
unmi1
order domperidone generic - sumycin 250mg price order flexeril generic
2025-06-18 21:26:28
wy6xx
inderal uk - order clopidogrel 150mg buy methotrexate generic
2025-06-19 07:51:19
gs5c6
how to buy propranolol - oral methotrexate methotrexate price
2025-06-21 18:54:07
huuva
how to buy amoxicillin - order generic amoxicillin purchase combivent sale
2025-06-22 04:36:41
mn759
amoxicillin price - combivent 100mcg usa ipratropium 100 mcg without prescription
2025-06-23 21:54:23
qujxr
zithromax where to buy - buy azithromycin 250mg without prescription buy nebivolol online
2025-06-24 07:35:15
uabsp
order zithromax 250mg without prescription - bystolic tablet order bystolic 20mg pills
2025-06-25 19:39:25
49kr4
oral augmentin 625mg - https://atbioinfo.com/ cheap acillin
2025-06-26 03:23:10
lehu8
order augmentin 1000mg - https://atbioinfo.com/ order ampicillin sale
2025-06-27 12:24:12
31vk1
nexium order online - anexamate.com order esomeprazole 20mg generic
2025-06-27 19:21:30
0b1m9
order nexium generic - https://anexamate.com/ buy nexium 40mg generic
2025-06-28 21:57:41
97biw
cheap warfarin 5mg - blood thinner buy generic hyzaar for sale
2025-06-29 04:49:18
otr4y
oral coumadin 5mg - https://coumamide.com/ generic losartan 25mg
2025-06-30 19:28:50
bhlmj
mobic over the counter - https://moboxsin.com/ mobic canada
2025-07-01 02:32:57
hwzhf
order mobic generic - swelling order meloxicam 7.5mg for sale
Tinggalkan Pesan