Uswah Moderasi Rasulullah
Roland Gunawan Jum'at, 26-11-2021 | - Dilihat: 55

Oleh: Roland Gunawan
“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah,” [QS. Ali Imran: 110]; “Dan demikian [pula] Kami telah menjadikan kamu [umat Muslim) umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas [perbuatan] manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas [perbuatan] kamu.” (QS. al-Baqarah,143)
Tak diragukan lagi bahwa pembahasan tentang moderasi merupakan pembahasan kekinian di era globalisasi. Era ketika umat Muslim kerap mendapatkan tuduhan puritanisme, radikalisme, dan terorisme sebagai akibat dari munculnya kelompok-kelompok ekstrem di tengah umat.
Kelompok-kelompok ini ada kalanya lahir karena ketidakadilan dan tirani. Kadang karena kesalahpahaman sejumlah orang dalam memahami ajaran Islam tanpa berupaya untuk belajar agama yang benar dari lembaga-lembaga pendidikan yang benar.
Islam adalah agama moderat dan pengampunan, agama kasih sayang dan toleransi. Dan umat Muslim, yang berkomitmen untuk mewujudkan prinsip-prinsip kemanusiaan, dinilai sebagai umat yang moderat.
Al-Qur`an dengan tegas mencirikan umat Muslim dengan al-khayrîyyah (umat terbaik) dan al-‘adl (keadilan), “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah,” [QS. Ali Imran: 110]; “Dan demikian [pula] Kami telah menjadikan kamu [umat Muslim) umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas [perbuatan] manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas [perbuatan] kamu,” (QS. al-Baqarah: 143).
Moderasi adalah prinsip yang mengandung keseimbangan, keadilan, keluhuran dan keagungan. Sifat mulia ini berada di antara dua sifat yang tercela: sikap berlebih-lebihan dan tindakan melampaui batas. Kita menemukan sejumlah orang yang mendaku sebagai “muslim” meninggalkan lingkaran moderasi dan keseimbangan.
Mereka menyimpang dan cenderung ke ekstremisme, radikalisme bahkan terorisme, serta memutarbalikkan hakikat Islam, yang membuka pintu selebar-lebarnya bagi orang-orang di luar Islam menyebarkan fitnah dan tuduhan tidak adil mengenai Islam dan umat Muslim.
Kita hidup pada masa di mana badai hebat dan angin puyuh yang ganas berupa tuduhan dan kampanye media yang sangat buruk bahwa Islam adalah ajaran yang mengandung ekstremisme, radikalisme, dan terorisme. Padahal kita tahu bahwa semua tuduhan itu tidak benar..
Dari sini muncul kebutuhan sangat mendesak untuk mempelajari perjalanan hidup Nabi Muhammad Saw., agar kita dapat mengambil dari cahaya yang dapat menunjukkan bagi semua manusia kebenaran dan hakikat yang menjelaskan bahwa beliau adalah Nabi umat moderat yang berpijak pada laku hidup keadilan dan jalan lurus.
Dalam kisah hidup beliau, kita akan banyak menemukan makna moderasi yang nyaris tak terhitung. Sehingga benar jika dikatakan, “Sungguhnya beliau, jika berada dalam dua perkara yang dipilih, niscaya akan memilih yang paling ringan, selama tidak mengandung dosa.”
Kita tahu bahwa Nabi Saw. menemukan kesejukan di dalam shalat, tetapi itu tidak berarti beliau mengajarkan umatnya untuk mengabaikan keluarga. Justru beliau memerintahkan para sahabat yang berlebih-lebihan dalam beribadah sampai mengabaikan urusan-urusan lain dalam kehidupan mereka, agar mengurangi ibadah dan kemudian bekerja keras menafkahi istri dan anak-anak mereka.
Nabi Saw. suka membelanjakan harta di jalan Allah dan menganjurkannya kepada umatnya, tetapi beliau tidak membiarkan para sahabatnya menghabiskan semua uang mereka di jalan Allah tanpa mewariskan apapun untuk anak-anak mereka. Beliau justru memerintahkan mereka untuk meninggalkan ahli waris yang kaya raya.
Nabi Saw. suka mati di jalan Allah (al-mawt fî sabîlillâh), tetapi itu tidak berarti bahwa beliau mengajarkan umatnya untuk secara sengaja menceburkan diri ke dalam bahaya dan kebinasaan. Di dalam peperangan kita melihat beliau memakai dua baju besi, menyusun rencana, mengirim mata-mata, bertindak secara hati-hati dan waspada, melindungi tentara dan rakyatnya.
Di dalam sebuah riwayat disebutkan mengenai kisah seorang pemuda bernama Julaibib yang datang kepada Nabi Saw. dan memohon agar diizinkan berzina. Apakah Nabi Saw. marah? Di sinilah yang menarik bagaimana respon beliau atas apa yang disampaikan Julaibib. Beliau memberikan pemahaman yang logis dan mudah dipahami sehingga dapat diterima Julaibib bahwa zina adalah perbuatan tak terpuji.
Ketika Julaibib mengutarakan keinginannya untuk berzina, Nabi justru balik bertanya, “Apa kau senang jika yang berzina itu ibumu?” Julaibib pun menjawab bahwa dirinya tidak mau jika yang berzina itu adalah ibunya atau orang lain berbuat zina pada ibunya. Nabi pun menjelaskan bahwa begitu juga dengan semua orang yang tidak rela bila ibu mereka berzina dengan orang lain.
Nabi Saw. kembali bertanya pada Julaibib apakah senang bila yang berzina itu adalah putrinya sendiri. Julaibib menjawab bahwa dirinya tak rela bila yang berzina adalah putrinya atau orang lain berzina dengan putrinya. Nabi pun menerangkan bahwa semua orang pun tidak ada yang suka bila putrinya berzina atau ada orang yang berzina dengan anak-anaknya.
Beberapa pertanyaan serupa dilontarkan kepada Julaibib. Apakah Julaibib senang bila yang berzina itu saudarinya atau bibinya? Julaibib pun menjawab bahwa dirinya tak rela bila saudarinya atau bibinya berzina. Hingga kemudian Nabi Saw. meletakan tangannya di badan Julaibib dan mendoakannya agar Allah mengampuni dosanya, mensucikan hatinya, dan menjaga kemaluannya.
Riwayat lain menceritakan bahwa Nabi Saw. tidak melarang sekelompok orang Habsyi yang bermain, menari, dan menyanyi di masjid Madinah. Beliau bertanya kepada istrinya, Aisyah ra., apakah ia ingin melihat mereka dan menikmati permainan, tarian, dan nyanyian mereka.
Aisyah kemudian berdiri di belakang beliau, pipinya bersentuhan dengan pipi beliau, dan beliau membiarkannya menyaksikan orang-orang Habsyi itu menari dan menyanyi. Sampai akhirnya ia bosan dan meninggalkan mereka.
Ketika Umar ibn al-Khattab ra. memasuki masjid dan hendak menghentikan permainan orang-orang Habsyi itu, Nabi Saw. mencegahnya dan mendorong mereka untuk terus bermain, “Teruskan hai anak Arfadah, agar orang Yahudi mengetahui bahwa di dalam agama kita terdapat kelonggaran. Sesungguhnya aku diutus dengan sesuatu yang lurus dan mudah,” [HR. al-Bukhari].
Dari Anas ibn Malik ra., ia berkata, “Ada tiga orang mendatangi rumah istri Nabi Saw., mereka bertanya tentang ibadah Nabi Saw. Setelah mereka diberitahu, seakan-akan mereka menganggap ibadah Nabi hanya sedikit. Mereka berkata, ‘Di manakah kedudukan kita dibanding Nabi Saw.?
Dosa-dosa beliau, baik yang lalu maupun yang akan datang, telah diampuni.’ Salah seorang dari mereka berkata, ‘Adapun aku maka akan shalat malam terus.’ Yang lain berkata, ‘Aku akan berpuasa sepanjang waktu dan tidak akan berbuka.’ Yang lain lagi berkata, ‘Aku akan menjauhi perempuan dan tidak akan menikah selama-lamanya.’
Nabi Saw. pun mendatangi mereka seraya bersabda, ‘Apakah kalian yang mengatakan begini dan begitu? Adapun aku, demi Allah, adalah orang yang paling takut kepada Allah dan yang paling bertakwa kepada-Nya. Aku berpuasa tetapi juga berbuka. Aku shalat malam tetapi juga tidur, dan aku juga menikah dengan perempuan. Barangsiapa yang tidak menyukai sunnahku maka ia bukan dari golonganku,” [HR. al-Bukhari dan Muslim].
Demikian yang kita lihat di dalam kehidupan Nabi Saw., kehidupan yang moderat, seimbang, tidak berlebih-lebihan, tidak kaku, tidak ekstrem dan tidak radikal apalagi sampai menimbulkan ketakutan bagi umatnya.
Roland Gunawan, Wakil Ketua LBM PWNU DKI Jakarta
Sumber: Maarif Institute
- Artikel Terpuler -
Uswah Moderasi Rasulullah
Roland Gunawan Jum'at, 26-11-2021 | - Dilihat: 55

Oleh: Roland Gunawan
“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah,” [QS. Ali Imran: 110]; “Dan demikian [pula] Kami telah menjadikan kamu [umat Muslim) umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas [perbuatan] manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas [perbuatan] kamu.” (QS. al-Baqarah,143)
Tak diragukan lagi bahwa pembahasan tentang moderasi merupakan pembahasan kekinian di era globalisasi. Era ketika umat Muslim kerap mendapatkan tuduhan puritanisme, radikalisme, dan terorisme sebagai akibat dari munculnya kelompok-kelompok ekstrem di tengah umat.
Kelompok-kelompok ini ada kalanya lahir karena ketidakadilan dan tirani. Kadang karena kesalahpahaman sejumlah orang dalam memahami ajaran Islam tanpa berupaya untuk belajar agama yang benar dari lembaga-lembaga pendidikan yang benar.
Islam adalah agama moderat dan pengampunan, agama kasih sayang dan toleransi. Dan umat Muslim, yang berkomitmen untuk mewujudkan prinsip-prinsip kemanusiaan, dinilai sebagai umat yang moderat.
Al-Qur`an dengan tegas mencirikan umat Muslim dengan al-khayrîyyah (umat terbaik) dan al-‘adl (keadilan), “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah,” [QS. Ali Imran: 110]; “Dan demikian [pula] Kami telah menjadikan kamu [umat Muslim) umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas [perbuatan] manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas [perbuatan] kamu,” (QS. al-Baqarah: 143).
Moderasi adalah prinsip yang mengandung keseimbangan, keadilan, keluhuran dan keagungan. Sifat mulia ini berada di antara dua sifat yang tercela: sikap berlebih-lebihan dan tindakan melampaui batas. Kita menemukan sejumlah orang yang mendaku sebagai “muslim” meninggalkan lingkaran moderasi dan keseimbangan.
Mereka menyimpang dan cenderung ke ekstremisme, radikalisme bahkan terorisme, serta memutarbalikkan hakikat Islam, yang membuka pintu selebar-lebarnya bagi orang-orang di luar Islam menyebarkan fitnah dan tuduhan tidak adil mengenai Islam dan umat Muslim.
Kita hidup pada masa di mana badai hebat dan angin puyuh yang ganas berupa tuduhan dan kampanye media yang sangat buruk bahwa Islam adalah ajaran yang mengandung ekstremisme, radikalisme, dan terorisme. Padahal kita tahu bahwa semua tuduhan itu tidak benar..
Dari sini muncul kebutuhan sangat mendesak untuk mempelajari perjalanan hidup Nabi Muhammad Saw., agar kita dapat mengambil dari cahaya yang dapat menunjukkan bagi semua manusia kebenaran dan hakikat yang menjelaskan bahwa beliau adalah Nabi umat moderat yang berpijak pada laku hidup keadilan dan jalan lurus.
Dalam kisah hidup beliau, kita akan banyak menemukan makna moderasi yang nyaris tak terhitung. Sehingga benar jika dikatakan, “Sungguhnya beliau, jika berada dalam dua perkara yang dipilih, niscaya akan memilih yang paling ringan, selama tidak mengandung dosa.”
Kita tahu bahwa Nabi Saw. menemukan kesejukan di dalam shalat, tetapi itu tidak berarti beliau mengajarkan umatnya untuk mengabaikan keluarga. Justru beliau memerintahkan para sahabat yang berlebih-lebihan dalam beribadah sampai mengabaikan urusan-urusan lain dalam kehidupan mereka, agar mengurangi ibadah dan kemudian bekerja keras menafkahi istri dan anak-anak mereka.
Nabi Saw. suka membelanjakan harta di jalan Allah dan menganjurkannya kepada umatnya, tetapi beliau tidak membiarkan para sahabatnya menghabiskan semua uang mereka di jalan Allah tanpa mewariskan apapun untuk anak-anak mereka. Beliau justru memerintahkan mereka untuk meninggalkan ahli waris yang kaya raya.
Nabi Saw. suka mati di jalan Allah (al-mawt fî sabîlillâh), tetapi itu tidak berarti bahwa beliau mengajarkan umatnya untuk secara sengaja menceburkan diri ke dalam bahaya dan kebinasaan. Di dalam peperangan kita melihat beliau memakai dua baju besi, menyusun rencana, mengirim mata-mata, bertindak secara hati-hati dan waspada, melindungi tentara dan rakyatnya.
Di dalam sebuah riwayat disebutkan mengenai kisah seorang pemuda bernama Julaibib yang datang kepada Nabi Saw. dan memohon agar diizinkan berzina. Apakah Nabi Saw. marah? Di sinilah yang menarik bagaimana respon beliau atas apa yang disampaikan Julaibib. Beliau memberikan pemahaman yang logis dan mudah dipahami sehingga dapat diterima Julaibib bahwa zina adalah perbuatan tak terpuji.
Ketika Julaibib mengutarakan keinginannya untuk berzina, Nabi justru balik bertanya, “Apa kau senang jika yang berzina itu ibumu?” Julaibib pun menjawab bahwa dirinya tidak mau jika yang berzina itu adalah ibunya atau orang lain berbuat zina pada ibunya. Nabi pun menjelaskan bahwa begitu juga dengan semua orang yang tidak rela bila ibu mereka berzina dengan orang lain.
Nabi Saw. kembali bertanya pada Julaibib apakah senang bila yang berzina itu adalah putrinya sendiri. Julaibib menjawab bahwa dirinya tak rela bila yang berzina adalah putrinya atau orang lain berzina dengan putrinya. Nabi pun menerangkan bahwa semua orang pun tidak ada yang suka bila putrinya berzina atau ada orang yang berzina dengan anak-anaknya.
Beberapa pertanyaan serupa dilontarkan kepada Julaibib. Apakah Julaibib senang bila yang berzina itu saudarinya atau bibinya? Julaibib pun menjawab bahwa dirinya tak rela bila saudarinya atau bibinya berzina. Hingga kemudian Nabi Saw. meletakan tangannya di badan Julaibib dan mendoakannya agar Allah mengampuni dosanya, mensucikan hatinya, dan menjaga kemaluannya.
Riwayat lain menceritakan bahwa Nabi Saw. tidak melarang sekelompok orang Habsyi yang bermain, menari, dan menyanyi di masjid Madinah. Beliau bertanya kepada istrinya, Aisyah ra., apakah ia ingin melihat mereka dan menikmati permainan, tarian, dan nyanyian mereka.
Aisyah kemudian berdiri di belakang beliau, pipinya bersentuhan dengan pipi beliau, dan beliau membiarkannya menyaksikan orang-orang Habsyi itu menari dan menyanyi. Sampai akhirnya ia bosan dan meninggalkan mereka.
Ketika Umar ibn al-Khattab ra. memasuki masjid dan hendak menghentikan permainan orang-orang Habsyi itu, Nabi Saw. mencegahnya dan mendorong mereka untuk terus bermain, “Teruskan hai anak Arfadah, agar orang Yahudi mengetahui bahwa di dalam agama kita terdapat kelonggaran. Sesungguhnya aku diutus dengan sesuatu yang lurus dan mudah,” [HR. al-Bukhari].
Dari Anas ibn Malik ra., ia berkata, “Ada tiga orang mendatangi rumah istri Nabi Saw., mereka bertanya tentang ibadah Nabi Saw. Setelah mereka diberitahu, seakan-akan mereka menganggap ibadah Nabi hanya sedikit. Mereka berkata, ‘Di manakah kedudukan kita dibanding Nabi Saw.?
Dosa-dosa beliau, baik yang lalu maupun yang akan datang, telah diampuni.’ Salah seorang dari mereka berkata, ‘Adapun aku maka akan shalat malam terus.’ Yang lain berkata, ‘Aku akan berpuasa sepanjang waktu dan tidak akan berbuka.’ Yang lain lagi berkata, ‘Aku akan menjauhi perempuan dan tidak akan menikah selama-lamanya.’
Nabi Saw. pun mendatangi mereka seraya bersabda, ‘Apakah kalian yang mengatakan begini dan begitu? Adapun aku, demi Allah, adalah orang yang paling takut kepada Allah dan yang paling bertakwa kepada-Nya. Aku berpuasa tetapi juga berbuka. Aku shalat malam tetapi juga tidur, dan aku juga menikah dengan perempuan. Barangsiapa yang tidak menyukai sunnahku maka ia bukan dari golonganku,” [HR. al-Bukhari dan Muslim].
Demikian yang kita lihat di dalam kehidupan Nabi Saw., kehidupan yang moderat, seimbang, tidak berlebih-lebihan, tidak kaku, tidak ekstrem dan tidak radikal apalagi sampai menimbulkan ketakutan bagi umatnya.
Roland Gunawan, Wakil Ketua LBM PWNU DKI Jakarta
Sumber: Maarif Institute
23 Komentar

2025-06-05 04:54:36
as9gv
where to get clomiphene without prescription how to buy cheap clomiphene can i order cheap clomid without rx can i order cheap clomid pills can i order clomid prices can you get generic clomid online clomiphene price uk

2025-06-09 08:36:53
cheapest generic cialis online
The reconditeness in this piece is exceptional.

2025-06-11 02:48:05
flagyl for bacterial infection
This is the make of enter I turn up helpful.

2025-06-13 01:25:22
jwxag
buy zithromax 500mg sale - buy metronidazole 400mg pill buy flagyl 200mg generic

2025-06-14 13:01:25
s12ks
semaglutide 14mg pills - semaglutide price buy cyproheptadine medication

2025-06-16 12:37:59
tjrcj
order generic domperidone 10mg - sumycin oral flexeril ca

2025-06-18 10:31:30
rba0x
propranolol drug - order methotrexate 2.5mg without prescription purchase methotrexate for sale

2025-06-21 08:09:30
3rzyn
cheap amoxil generic - buy amoxil no prescription ipratropium generic

2025-06-23 11:23:43
99mn1
azithromycin sale - buy bystolic 20mg sale bystolic online buy

2025-06-27 04:30:43
5d81b
order nexium 20mg pills - https://anexamate.com/ buy nexium no prescription

2025-06-28 14:35:00
38uxe
warfarin usa - cou mamide order losartan sale

2025-06-30 11:47:36
4d79y
meloxicam 15mg for sale - relieve pain mobic 7.5mg generic

2025-07-02 09:52:26
8cxxj
deltasone 10mg oral - https://apreplson.com/ prednisone 20mg ca

2025-07-03 13:08:45
7vu4t
buy ed pills no prescription - fast ed to take new ed drugs

2025-07-05 00:34:34
m16aa
buy generic amoxil - https://combamoxi.com/ amoxil over the counter

2025-07-10 01:28:57
1gzrr
forcan online buy - https://gpdifluca.com/ buy forcan medication

2025-07-13 01:00:56
jgx0y
price of cialis in pakistan - https://ciltadgn.com/ best price for cialis

2025-07-14 14:39:41
l80iw
cialis 20 mg how long does it take to work - https://strongtadafl.com/# trusted online store to buy cialis

2025-07-14 17:31:21
ConnieSkawn
ranitidine 150mg cost - on this site buy cheap ranitidine

2025-07-16 19:27:07
ayg02
viagra for sale in the uk - on this site sildenafil 50mg cost

2025-07-16 23:13:56
ConnieSkawn
This is the description of serenity I enjoy reading. brand tamoxifen

2025-07-18 17:44:11
d4fn2
This website exceedingly has all of the tidings and facts I needed adjacent to this participant and didn’t positive who to ask. cellcept and prednisone

2025-07-19 20:34:03
ConnieSkawn
Thanks on putting this up. It’s well done. https://ursxdol.com/get-metformin-pills/
23 Komentar
2025-06-05 04:54:36
as9gv
where to get clomiphene without prescription how to buy cheap clomiphene can i order cheap clomid without rx can i order cheap clomid pills can i order clomid prices can you get generic clomid online clomiphene price uk
2025-06-09 08:36:53
cheapest generic cialis online
The reconditeness in this piece is exceptional.
2025-06-11 02:48:05
flagyl for bacterial infection
This is the make of enter I turn up helpful.
2025-06-13 01:25:22
jwxag
buy zithromax 500mg sale - buy metronidazole 400mg pill buy flagyl 200mg generic
2025-06-14 13:01:25
s12ks
semaglutide 14mg pills - semaglutide price buy cyproheptadine medication
2025-06-16 12:37:59
tjrcj
order generic domperidone 10mg - sumycin oral flexeril ca
2025-06-18 10:31:30
rba0x
propranolol drug - order methotrexate 2.5mg without prescription purchase methotrexate for sale
2025-06-21 08:09:30
3rzyn
cheap amoxil generic - buy amoxil no prescription ipratropium generic
2025-06-23 11:23:43
99mn1
azithromycin sale - buy bystolic 20mg sale bystolic online buy
2025-06-27 04:30:43
5d81b
order nexium 20mg pills - https://anexamate.com/ buy nexium no prescription
2025-06-28 14:35:00
38uxe
warfarin usa - cou mamide order losartan sale
2025-06-30 11:47:36
4d79y
meloxicam 15mg for sale - relieve pain mobic 7.5mg generic
2025-07-02 09:52:26
8cxxj
deltasone 10mg oral - https://apreplson.com/ prednisone 20mg ca
2025-07-03 13:08:45
7vu4t
buy ed pills no prescription - fast ed to take new ed drugs
2025-07-05 00:34:34
m16aa
buy generic amoxil - https://combamoxi.com/ amoxil over the counter
2025-07-10 01:28:57
1gzrr
forcan online buy - https://gpdifluca.com/ buy forcan medication
2025-07-13 01:00:56
jgx0y
price of cialis in pakistan - https://ciltadgn.com/ best price for cialis
2025-07-14 14:39:41
l80iw
cialis 20 mg how long does it take to work - https://strongtadafl.com/# trusted online store to buy cialis
2025-07-14 17:31:21
ConnieSkawn
ranitidine 150mg cost - on this site buy cheap ranitidine
2025-07-16 19:27:07
ayg02
viagra for sale in the uk - on this site sildenafil 50mg cost
2025-07-16 23:13:56
ConnieSkawn
This is the description of serenity I enjoy reading. brand tamoxifen
2025-07-18 17:44:11
d4fn2
This website exceedingly has all of the tidings and facts I needed adjacent to this participant and didn’t positive who to ask. cellcept and prednisone
2025-07-19 20:34:03
ConnieSkawn
Thanks on putting this up. It’s well done. https://ursxdol.com/get-metformin-pills/
Tinggalkan Pesan